Operational Efficiency

    Dibaca 371 kali

Perkembangan perolehan laba pada sektor perbankan dapat dilihat dari rasio net profit margin (NPM).

Indikator yang digunakan dalam menghitung NPM adalah laba bersih dan total penjualan, dua indikator tersebut merupakan variabel dalam laporan laba-rugi. Oleh karena itu, dapat dikatakan bahwa NPM merupakan rasio keuangan yang berkaitan langsung dengan laporan laba-rugi bank.

Pada laporan laba rugi sendiri terdapat dua pos utama, yakni pendapatan operasional serta biaya operasional. Jika pendapatan operasional merupakan hasil yang diperoleh dari kegiatan operasional, maka biaya operasional adalah biaya yang dikeluarkan untuk menjalankan kegiatan operasional tersebut. Jika biaya operasional besar namun hanya menghasilkan pendapatan operasional yang sedikit, maka bank tersebut tergolong tidak efisien dalam menjalankan kegiatan operasionalnya, di lain pihak, biaya operasional yang besar nantinya akan mengurangi jumlah laba bersih yang dapat diperoleh karena biaya operasional merupakan faktor pengurang dalam laporan laba rugi.

PT. Solmit dengan para konsultannya yang telah lama berkecimpung dalam dunia perbankan akan memberikan solusi yang efektif dan efisien terkait dengan permasalahan Operational Efficiency Bank anda. 

 

Share: