IT Audit Perbankan

    Dibaca 297 kali

Latar Belakang

IT Audit adalah proses pengumpulan dan penilaian bukti sistem informasi organisasi, praktik, dan operasi. Evaluasi bukti yang diperoleh menentukan jika sistem informasi yang menjaga aset, memelihara integritas data, dan beroperasi secara efektif untuk mencapai tujuan organisasi. Tinjauan ini dapat dilakukan bersamaan dengan audit laporan keuangan, audit internal, atau bentuk lain dari keterlibatan pengesahan. Auditor intern IT harus dapat melaksanakan perannya dalam melakukan audit IT perusahaan.

 

Kebutuhan bisnis:

Kehandalan Bank dalam mengelola TI menentukan keberhasilannya dalam menghasilkan suatu informasi yang lengkap, akurat, terkini, utuh, aman, konsisten, tepat waktu dan relevan, untuk itu perlu menerapkan Information Technology (IT) Governance dalam konteks TI untuk menunjang operasional yang dapat meningkatkan nilai tambah dan daya saing Bank. Dan salah satu ruang lingkup IT Governance yang perlu diperhatikan dan dijalankan dengan tepat yaitu Pengukuran Kinerja Teknologi Informasi melalui Audit Teknologi Informasi yang dijalankan oleh Auditor intern IT.

 

Solusi yang ditawarkan:

SOLMIT menawarkan solusi pendekatan audit TI ini dengan mengacu pada best practise baik secara metodologi maupun tren yang mengacu kepada standar framework audit TI COBIT 4.1 (Control Objective for Information and Related Technology) yang dikembangkan oleh ISACA (Information System Audit and Control Association) dan mengacu kepada regulasi yang ada yaitu PBI 9/15/PBI/2007.

 

Share: