Knowledge Management System

    Dibaca 442 kali kms bank knowledge management share

Knowledge Management System (KMS)

Pengetahuan adalah aset berhaga perusahaan. Knowledge Management System (KMS) merupakan best practice system untuk mengelola semua pengetahuan perusahaan baik yang bersumber dari ketentuan regulator maupun intern perusahaan serta tacit knowledge semua pegawai. Knowledge Management System (KMS) merupakan strategi untuk mengelola pengetahuan secara terstruktur dan efektif dalam menyimpan, mencari, dan berbagi pengetahuan untuk seluruh pegawai Bank. Perbankan merupakan perusahaan yang ketat dengan ketentuan regulator dan ketentuan internal, untuk itu seluruh ketentuan regulator dan internal serta pengetahuan SDM sebagai aset penting perusahaan harus dikelola secara efektif agar memberikan nilai tambah bagi perusahaan.

Implementasi aplikasi Knowledge Management System (KMS) akan memberikan benefit bagi Bank, diantaranya :

  1. Mempercepat arus informasi di internal perusahaan/proses edukasi ke karyawan menjadi lebih mudah;
  2. Efisiensi biaya peningkatan kualitas dan knowledge SDM;
  3. Menghindari hilangnya key person perusahaan yang menyebabkan hilangnya knowledge perusahaan;
  4. Membantu perusahaan dalam hal knowledge retention;
  5. Mengurangi waktu pelatihan dan biaya in-class training;
  6. Membantu penanganan masalah lebih cepat, berdampak pada customer satisfaction;
  7. Memberikan informasi yang akurat untuk analisis dan mengambil keputusan manajemen;
  8. Merangsang tumbuhnya ide dari setiap karyawan pada bisnis perusahaan.

 

Berikut arsitektur aplikasi Knowledge Management System (KMS):
Arsitektur KMS

 Modul-modul utama pada aplikasi Knowledge Management System (KMS) dapat dijelaskan sebagai berikut:

  1. Ketentuan Regulator, merupakan modul yang dirancang untuk mengelola data ketentuan-ketentuan yang dikeluarkan oleh Regulator.
  2. BPP dan SOP Perusahaan, merupakan modul untuk mengelola data semua dokumen BPP dan SOP Internal Perusahaan/Bank.
  3. Taksonomi Knowledge Perbankan, merupakan modul yang dapat memiliki fitur untuk mengelola semua pengetahuan yang terkait dengan aktivitas bisnis Bank selain regulasi antara lain pengetahuan manajemen risiko, audit, IT, kredit, trisuri, perbankan syariah, SDM, logistik, dan lainnya.
  4. Ask The Expert, merupakan modul yang diperuntukkan untuk mengelola seluruh permasalahan atau pertanyaan yang dihadapi oleh pegawai untuk disampaikan kepada pakar terkait untuk pemecahan masalahnya.
  5. Kolaborasi, merupakan fitur atau fungsi yang dibutuhkan untuk mengelola komunikasi/forum antar user aplikasi.
  6. Manajemen Dokumen, merupakan fitur atau fungsi yang dibutuhkan untuk mengelola semua jenis dokumen yang di-share dalam aplikasi.
  7. Notifikasi, merupakan fitur atau fungsi yang dibutuhkan untuk memberikan notifikasi/pemberitahuan kepada user untuk melakukan tugas sesuai dengan otoritasnya.
  8. Searching, merupakan fitur atau fungsi yang dibutuhkan untuk mempermudah proses pencarian data dan dokumen.
  9. Filtering, merupakan fitur atau fungsi yang dibutuhkan untuk melakukan filtering data sesuai dengan kriteria tertentu
  10. Laporan, merupakan modul untuk mengelola laporan menyeluruh dari seluruh data kegiatan rapat.
  11. Executive View, merupakan modul yang diperuntukkan bagi pihak manajemen untuk melihat informasi secara grafik terhadap ketentuan dan knowledge yang di-share dalam aplikasi termasuk tingkat keaktifan pengguna aplikasi dalam memanfaatkan KMS.
  12. User & Role Management, merupakan modul untuk mengelola pengguna (user) Aplikasi Knowledge Management System (KMS) dan hak aksesnya terhadap fungsi/modul.
  13. Administrasi Data, merupakan modul untuk mengelola data master yang diperlukan dalam penggunaan Aplikasi Knowledge Management System (KMS), dimana setiap data-data yang terlibat di dalamnya dapat dimodifikasi sesuai keperluan antara lain jenis ketentuan, jenis regulator, jenis taksonomi, struktur organisas dan lainnya.

Share: