Intranet Portal

    Dibaca 327 kali

Apikasi Intranet Portal adalah suatu aplikasi berbasis web yang merupakan penjabaran dari kebutuhan untuk dapat berinteraksi antar pegawai Bank yang saling berkaitan. di mana User akan mendapatkan/mencari informasi yang relevan, personalisasi, informasi penting/terbaru dalam satu tempat.

Contoh pemanfatannya misalnya, karyawan Bank ketika membuka intranet portalnya, maka dalam satu tempat dia akan mendapatkan informasi berupa Berita, Interaksi Forum, Kalendar/daftar kegiatan hari ini, berita-berita yang dia minati, dokumen yang dapat di download dalam publik forum dan laporan-laporan.

Benefit

Implementasi aplikasi Internet Portal akan memberikan benefit bagi Bank, diantaranya :

  1. Mempererat kebersamaan diantara karyawan Bank dengan ikut aktif dalam forum yang disediakan
  2. Memberikan fasilitas informasi yang dapat diakses bersama diantaranya berita agenda kegiatan dan lainnya
  3. Dapat memanfaatkan fasilitas download dokumen yang diperlukan dari file yang diupload oleh user lainnya sebagai media knowledge sharing dan informasi

 

Arsitektur Aplikasi (Ruang Lingkup Modul)

 

Penjelasan Modul

Modul Utama Internet Portal dapat dijelaskan sebagai berikut :

  1. Forum merupakan fasilitas yang tersedia di lingkungan intranet Bank, dan penggunanya dapat berdiskusi dan fungsinya mirip bahkan lebih baik dari papan buletin dan milis internet
  2. Kalender merupakan fasilitas yang tersedia di lingkungan intranet Bank yang dapat menyimpan dan menampilkan data acara/kegiatan di lingkungan Bank yang dapat diakses informasi oleh seluruh Karyawan.                                      
  3. Employee Directory direktori Karyawan diperlukan untuk dapat menyimpan dan menampilkan data karyawan bank.
  4. Berita (News) adalah laporan tercepat mengenai fakta atau ide terbaru yang benar, menarik dan atau penting bagi sebagian besar karyawan.
  5. Polling dibutuhkan untuk mengetahui/menyelidiki apa yang dipikirkan karyawan terhadap isu/masalah yang muncul dilingkungan Bank.
  6. Public Folder  diperlukan sebagai media untuk menyimpan file dokumen yang dirasakan diperlukan oleh seluruh pegawai bank yang dapat di download untuk dipergunakan sebagaimana mestinya.
  7. Report Management  diperlukan sebagai media untuk menyimpan file laporan yang di upload berdasarkan Unit/Divisi yang bersangkutan. Sehingga dikemudian hari dapat di download sesuai dengan kebutuhan divisi/unit kerja masing-masing.
  8. Profile merupakan medul yang digunakan untuk melakukan perubahan data profile setiap User Intrenal Portal
  9. User & Role Management merupakan modul untuk mengelola pengguna (user) Aplikasi dan hak aksesnya terhadap fungsi/modul.
  10. Administrasi Data merupakan modul untuk mengelola data master yang diperlukan dalam penggunaan Aplikasi, dimana setiap data-data yang terlibat di dalamnya dapat dimodifikasi sesuai keperluan.

 

 

 

Share: