Management Information System (MIS)

    Dibaca 450 kali management

Apikasi Management Information System (MIS) adalah suatu aplikasi Sistem Informasi yang menyediakan laporan informasi dalam bentuk grafik (dashboard) dan tabular untuk mendukung pengambilan keputusan manajemen (dewan komisaris, direksi, pimpinan divisi dan pemimpin cabang). Informasi yang ditampilkan bersumber dari semua data operasional Bank yang diekstrak dari Aplikasi Core Banking dan aplikasi pendukung lainnya (Aplikasi SDM, Trisuri, TKB, SAF, LED, Profil Risiko Cabang, RBA, dll)

Informasi yang disajikan oleh MIS akan menampilkan hasil analisis penanggung jawab informasi, sehingga manajemen dalam mengambil keputusan berdasarkan informasi dan hasil analisis.

Aplikasi MIS ini juga mengelola rekomendasi dan action plan untuk masing-masing informasi operasional bank. Sehingga informasi dan analisis menjadi terstruktur dan terkelola dengan baik.

Benefit

Implementasi aplikasi MIS akan memberikan benefit bagi Bank, diantaranya:

  1. Mempermudah pihak manajemen bank(dewan komisaris, direksi, pimpinan divisi dan pemimpin cabang) untuk mengambil informasi strategis untuk mendukung pengambilan keputusan yang tepat terkait aktifitas operasional yang ditampilkan secara sederhana dalam bentuk grafik dan tabul.
  2. Informasi yang ditampilkan real time sesuai denga data transaksi yang dilakukan/dikelola oleh aplikasi-aplikasi lain lain yang diterapkan pada aktivitas operasional Bank.

Arsitektur Aplikasi (Ruang Lingkup Modul)

 

Penjelasan Modul

Modul-modul utama pada aplikasi MIS dapat dijelaskan sebagai berikut:

  1. Keuangan merupakan modul yang berfungsi untuk menampilkan informasi trend indikator-indikator yang ada di operasional keuangan. Trend dan posisi Indikator setiap bulannya tersebut yaitu Return On Asset (ROA), Return On Equities (ROE), Net Interst Margin (NIM), Rasio Efisiensi (BOPO), dan Trend Rasio Keuangan.
  2. Kredit merupakanmodul yang berfungsi untuk menampilkan informasi yang ada di operasional kredit yang terdiri atas infromasi Total Kredit, Dana KUKM, Kolektibilitas Kredit, 25 Debitur inti Konsolidasi, Jenis PnggunaKredit Cash Collateral, Kredit UMKM dan Non UMKM.                                   
  3. Treasury merupakan modul yang berfungsi untuk menampilkan informasi yang ada di operasional treasury yang terdiri atas informasi 25 Deposan/Giran/Penabung, 25 Nasabah Inti Deposito, 25 Nasabah Inti Giro, dan 25 Nasabah Inti Tabungan
  4. Umum merupakan modul yang berfungsi untuk menampilkan informasi yang ada di operasional umum yang terdiri atas informasi Data Inventaris, Data Pengadaan, Data CSR.
  5. Audit merupakan modul yang berfungsi untuk menampilkan informasi yang ada di operasional audit yang terdiri atas informasi Life Cycle Audit, dan Tindak Lanjut Audit
  6. Fraud merupakan modul yang berfungsi untuk menampilkan informasi yang ada di operasional audit yang terdiri atas informasi Jenis Fraud, dan Nominal Kejadian Fraud (Trend)
  7. TKB merupakan modul yang berfungsi untukmenampilkan grafik data trend posisi Tingkat Kesehatan Bank 6 bulan terakhir. Pada grafik juga disediakan menu drill down untuk melihat detail nilai TKB di setiap komponennya.
  8. Cabang merupakan modul yang berfungsi untuk menampilkan grafik tingkat risiko setiap cabangnya dalam bentuk grafik trend pada Bank.
  9. SDM merupakan modul yang berfungsi untuk menangani aktifitas perbankan pada tahapan penyimpanan dan atau pengaturan dokumen debitur, mulai dari pengajuan sampai dengan pra pencairan kredit termasuk dokumen jaminan. Penyimpan dokumen dapat berupa hasil scanning maupun bentuk fisik (yang keberadannya dapat diketahui).
  10. User & Role Management merupakan modul untuk mengelola pengguna (user) Aplikasi dan hak aksesnya terhadap fungsi/modul.
  11. Administrasi Data merupakan modul untuk mengelola data master yang diperlukan dalam penggunaan Aplikasi, dimana setiap data-data yang terlibat di dalamnya dapat dimodifikasi sesuai keperluan.

Share: