Human Capital Management (HCM)

    Dibaca 543 kali hcm

Aplikasi Human Capital Management (HCM) merupakan aplikasi berbasis web yang dikembangkan secara khusus untuk mendukung pengelolaan sumber daya manusia (SDM) yang baik dan kinerja organisasi yang efektif guna menunjang perkembangan dinamika organisasi perbankan yang berkualitas.

Implementasi Human Capital berprinsip pada "perusahaan memandang pentingnya bahwa karyawan merupakan pondasi bisnis dan karyawan yang membuat bisnis tetap ada serta karyawan mampu melejitkan perkembangan bisnis perusahaan sebagai partner yang strategis dalam berdaya saing".

 

Benefit

Implementasi aplikasi Human Capital Management akan memberikan benefit bagi Bank, diantaranya:

  1. Mempermudah bank dalam mengelola data karyawan perbankan secara keseluruhan melalui modul-modul yang terdapat pada aplikasi, sehingga lebih efektif dan efesien.
  2. Mempercepat proses pelaporan yang dibutuhkan mengenai informasi yang bentuknya histori dan rekapitulasi terkait pengelolaan SDM
  3. Dapat membantu dalam melakukan pengelolaan data pendidikan, pelatihan dan lainnya yang menunjang kepada kompetensi yang ada pada diri karyawan. Kompetensi menjadi faktor utama dalam pengukuran kinerja karyawan.

 

Arsitektur Aplikasi (Ruang Lingkup Modul)

 

Penjelasan Modul

Modul-modul utama pada aplikasi Human Capital Management dapat dijelaskan sebagai berikut:

  1. Profil Pegawai merupakan modul yang berfungsi untuk melakukan pengolahan data pokok  pegawai, keluarga, pendidikan dan karir pegawai
  2. Absensi merupakan modul yang berfungsi untuk mengelola data absensi pegawai yang memiliki fitur untuk dapat membaca data absensi dari mesin absensi sidik jari, melakukan rekapitulasi absebsi pegawai dan lainnya.                                        
  3. Pengelolaan Gaji Pegawai merupakan modul yang berfungsi untuk mengelola data pengajian pegawai secara sentralistik di kantor pusat dan memiliki fitur menghiting rapel gaji, menghitung tunjangan-tunjangan gaji, dan mampu menyesuaikan dengan perubahan peraturan gaji terkait mutasi SDM.
  4. Pengelolaan Data Pensiun merupakan modul yang berfungsi untuk mengelola data pegawai yang akan memasuki masa persiapan pensiun (MPP) dan pensiun dini.
  5. Pengelolaan Cuti Pegawai merupakan modul yang berfungsi untuk mengelola data cuti pegawai sesuai dengan ketentuan manajemen berdasarkan ketentuan jumlah hari cuti, sisa cuti tahun berjalan, akumulasi sisa cuti tahun sebelumnya dengan tahu berjalan dan ketentuan lainnya yang diterapkan.
  6. Pendidikan dan Pelatihan merupakan modul untuk mengelola data pendidikan dan pelatihan pegawai secara berkala. Pendidikan dan Pelatihan dapat dilakukan berdasarkan jenjang pendidikan dan pelatihan formal maupun informal yang diatur dalam prosedur pengelolaan ketentuan pendidikan dan pelatihan yang berlaku
  7. Pengelolaan Kenaikan Pangkat secara berkala merupakan modul untuk mengelola data kenaikan pangkat pegawai secara berkala baik untuk jabatan struktural maupun fungsional. Kenaikan pangkat dapat dilakukan berdasarkan masa kerja atau pertimbangan prestasi/khusus lainnya yang diatur dalam prosedur pengelolaan ketentuan jabatan
  8. Pengelolaan Kenaikan Gaji secara berkala merupakan modul untuk mengelola data kenaikan gaji pegawai secara berkala berdasarkan masa kerja maupun analisis kelayakan yang disyaratkan
  9. Pengelolaan Penghargaan dan Sanksi merupakan modul untuk mengelola data penghargaan dan sanksi pegawai sesuai dengan ketentuan manajemen SDM
  10. Career Path Management merupakan modul untuk mengelola perencanaan karir SDM yang dilengkapi dengan fitur matching antara kompetensi yang dibutuhkan dalam suatu posisi dengan kompetensi SDM yang ada sehingga memudahkan dalam penentuan SDM untuk posisi tertentu dan membantu SDM dalam penentuan jenis pelatihan yang dibutuhkan untuk mendukung jenjang karir dan kompetensi yang dibutuhkan
  11. SPPD dan Cuti Online merupakan modul untuk mengelola SPPD dan Cuti Online berbasis workflow, dimana dari proses pengajuan sampai dengan approval dilakukan melalui sistem
  12. Reporting merupakan modul untuk  mengelola  laporan yang dibutuhkan berdasarkan hasil pengolahan data yang terdapat pada aplikasi.
  13. Executive View merupakan modul yang diperuntukan bagi top management untuk dapat memantau pergerakan/peningkatan/perubahan dan lainnya terhadap data-data SDM yang ada.
  14. User & Role Management merupakan modul untuk mengelola pengguna (user) Aplikasi dan hak aksesnya terhadap fungsi/modul.
  15. Administrasi Data merupakan modul untuk mengelola data master yang diperlukan dalam penggunaan Aplikasi, dimana setiap data-data yang terlibat di dalamnya dapat dimodifikasi sesuai keperluan.

Share: