Aplikasi Tingkat Kesehatan Bank (TKB)

    Dibaca 558 kali

Aplikasi Tingkat Kesehatan Bank (TKB) merupakan aplikasi berbasis web yang dipergunakan untuk membantu bank dalam melakukan penilaian sendiri (self assessment) Tingkat Kesehatan Bank Berbasis Risiko (Risk-Based Bank Rating/RBBR) baik secara individual maupun secara konsolidasi dengan cakupan penilaian terhadap faktor­ Profil risiko (risk profile), Good Corporate Governance (GCG), Rentabilitas (earnings), dan Permodalan (capital).

Bank wajib menyampaikan hasil self assessment Tingkat Kesehatan Bank kepada Regulator sebagai berikut:

  1. Untuk penilaian Tingkat Kesehatan Bank secara individual, paling lambat pada tanggal 31 Juli untuk penilaian Tingkat Kesehatan Bank posisi akhir bulan Juni dan tanggal 31 Januari untuk penilaian Tingkat Kesehatan Bank posisi akhir bulan Desember; dan
  2. Untuk penilaian Tingkat Kesehatan Bank secara konsolidasi, paling lambat pada tanggal 15 Agustus untuk penilaian Tingkat Kesehatan Bank posisi akhir bulan Juni dan tanggal 15 Februari untuk penilaian Tingkat Kesehatan Bank posisi akhir bulan Desember.

 

Benefit

Implementasi aplikasi Tingkat Kesehatan Bank akan memberikan benefit bagi Bank, diantaranya:

  1. Penilaian tingkat kesehatan bank akan lebih akurat, efesien dan tepat waktu dengan menggunakan data yang konsisten, terintegrasi, dan melibatkan partisipasi aktif pengguna (user) yang terkait.
  2. Dalam menghasilkan laporan akan lebih cepat.
  3. Pengkinian data dari sumber data terkait, seperti LBU dapat dengan mudah dilakukan.

 

Penjelasan Modul

Modul-modul utama pada aplikasi Tingkat Kesehatan Bank dapat dijelaskan sebagai berikut:

  1. Penerapan GCG; Merupakan modul yang dirancang untuk memudahkan bank (Divisi Risk Management) dalam melakukan penilaian terhadap manajemen Bank atas pelaksanaan prinsip-prinsip Good Corporate Governance (GCG), baik untuk Individu maupun Konsolidasi
  2. Profil Risiko; Modul Profil Risiko dirancang untuk memudahkan bank (Divisi Risk Management) dalam menentukan dan membuat laporan posisi/tingkat dan trend dari seluruh eksposur risiko yang dimiliki oleh Bank, baik untuk Individu maupun Konsolidasi pada suatu periode tertentu. Predikat/peringkat risiko komposit pada saat Bank melakukan penilaian profil risiko ditentukan dengan menggabungkan hasil penilaian eksposur risiko yang melekat (inheren) pada aktivitas fungsional (inherent risk) dan kecukupan sistem pengendalian risiko (risk control system).
  3. Earning; Merupakan  modul  untuk  mengelola  penilaian terhadap faktor rentabilitas (earnings) meliputi penilaian terhadap kinerja earnings, sumber-sumber earnings, dan sustainability earnings Bank, baik untuk Individu maupun Konsolidasi pada suatu periode tertentu. Penetapan peringkat faktor rentabilitas (earnings) dilakukan berdasarkan analisis secara komprehensif terhadap parameter/indikator rentabilitas dengan memperhatikan signifikansi masing-masing parameter/indikator serta mempertimbangkan permasalahan lain yang mempengaruhi rentabilitas Bank
  4. Capital; Merupakan modul untuk mengelola penilaian terhadap faktor permodalan (capital) meliputi penilaian terhadap tingkat kecukupan permodalan dan pengelolaan permodalan Bank, baik untuk Individu maupun Konsolidasi pada suatu periode tertentu. Penetapan peringkat penilaian faktor permodalan Bank dilakukan berdasarkan analisis secara komprehensif terhadap parameter/indikator permodalan dengan memperhatikan signifikansi masing-masing parameter/indikator serta mempertimbangkan permasalahan lain yang mempengaruhi permodalan Bank.
  5. SREP; Merupakan  modul  untuk  mengelola  hasil  SREP (Supervisory,Review, & Evaluation Process) yang dilakukan oleh regulator.
  6. Laporan; Merupakan modul untuk  mengelola  laporan  menyeluruh  dari  seluruh faktor Tingkat Kesehatan Bank
  7. Executive View; Merupakan modul yang diperuntukkan bagi manajemen (Dewan Direksi, Dewan Komisaris, Pimpinan Divisi) untuk melihat secara grafik terhadap masing-masing komponen dan Laporan Tingkat Kesehatan Bank secara keseluruhan.
  8. User & Role Management; Merupakan modul untuk mengelola pengguna (user) Aplikasi Tingkat Kesehatan Bank (TKB) dan hak aksesnya terhadap fungsi/modul
  9. Administrasi Data; Merupakan modul untuk mengelola data master yang diperlukan dalam penggunaan Aplikasi Tingkat Kesehatan Bank (TKB), dimana setiap data-data yang terlibat di dalamnya dapat dimodifikasi sesuai keperluan termasuk perubahan untuk setiap bobot faktor yang terlibat dalam penilaian Tingkat Kesehatan Bank.

 

Share: