E-PROCUREMENT

    Dibaca 376 kali E-proc

Aplikasi E-Procurement merupakan perangkat lunak berbasis web dan menggunakan jaringan internet untuk dapat diakses publik yang dibangun untuk mempermudah proses pengadaan barang dan jasa mulai dari pengolahan data penggadaan hingga ke proses pembuatan laporan.

Selama ini perusahaan dalam melakukan proses pengadaan barang dan jasa masih dilakukan secara konvensional, mulai dari proses pengadaan hingga ke pelaporan. Hal ini memicu adanya permasalahan di dalam proses pengadaan barang dan jasa seperti lamanya proses pengadaan, biaya yang besar, kemungkinan ketidaktransparan dalam proses pengadaan cukup besar, koordinasi antar bagian tidak terjalin baik, serta banyaknya dokumen (kertas) yang dibutuhkan, hingga proses pelaporan yang tidak akurat dan lambat. Dengan diimplementasikannya aplikasi E-Procurement diharapkan pada proses pengadaan barang dan jasa bisa efesien, efektif, tebuka, transparan, adil dan akuntable.

 

Arsitektur Aplikasi

 

Penjelasan Modul

  1. Informasi Publik, sebagai halaman utama dari aplikasi E-Procurement untuk area publik, dimana user hanya dapat melakukan akses terhadap aplikasi sebatas pada modul-modul dan untuk kebutuhan publik. Modul Informasi Publik terdiri atas sub modul Pengumuman Lelang, Registrasi Baru, Kontak Kami, dan Login.
  2. Registrasi Vendor, untuk mengelola tahapan pendaftaran user / akun vendor baru. Modul Registrasi Vendor terdiri atas sub modul Syarat & Ketentuan, Pembuatan User, Penyelesaian Pendaftaran.
  3. Area Vendor, berfungsi sebagai halaman utama bagi Vendor pada aplikasi E-Procurement untuk keperluan pengelolaan data aktivitas procurement vendor tersebut. Modul Area Vendor terdiri atas sub modul Home/Dashboard, Peraturan, Profil (Data Administrasi Data Teknis), Data Procurement (Lelang Baru, Pendaftaran, Aktivitas Lelang, Data Kontrak), Pesan Masuk, Ganti Password, Petunjuk Penggunaan.
  4. Area Panitia, berfungsi sebagai halaman utama bagi Panitia Lelang Bank Kaltim pada aplikasi E-Procurement untuk keperluan pengelolaan data procurement mulai dari pembuatan pengumuman lelang sampai dengan penentuan pemenang lelang. Modul Area Panitia terdiri atas sub modul Daftar Vendor, Daftar Hitam Vendor, Data Procurement (Dokumen Lelang, Pengumuman Lelang, Pendaftaran, Anwijzing, Penawaran, Sanggahan, Data Kontrak), Ganti Password, Petunjuk Penggunaan.
  5. User & Role Management, merupakan modul untuk mengelola pengguna (user) Aplikasi E-Procurement dan hak aksesnya terhadap fungsi/modul.
  6. Administrasi Data, merupakan modul untuk mengelola data master yang diperlukan dalam penggunaan Aplikasi E-Procurement, dimana setiap data-data yang terlibat di dalamnya dapat dimodifikasi sesuai keperluan aplikasi.
  7. Laporan & Executive View, merupakan modul yang berfungsi untuk menampilkan laporan berupa data dan grafik untuk kepentingan Bank.
  8. Workflow, merupakan fitur yang berfungsi untuk mengatur alur kerja bisnis e-procurement, sehingga setiap tahapan tugas akan berada pada user yang tepat untuk melaksanakannya.

Share: