Know Your Employee dalam Strategi Anti Fraud pada Lembaga Keuangan

    Dibaca 143 kali

PENDAHULUAN

Meningkatnya persaingan antar bank, menuntut setiap  bank untuk menempuh langkah-langkah strategis dalam persaingan pada situasi dan kondisi apapun. Persaingan yang ketat dalam bisnis perbankan harus disikapi dengan langkah strategis yang tepat oleh pihak seluruh stakeholder agar dapat mencapai tujuan organisasi sekaligus memenangkan persaingan tersebut.

Langkah strategis Bank untuk mencapai visi dan memenangkan persaingan harus didukung dengan kompetensi SDM yang memadai. Kompetensi SDM tidak hanya pada aspek penguatan knowledge dan skill, namun juga aspek attitude atau moralitas.

Surat Edaran Bank Indonesia (SE BI) No.13/28/DPNP tanggal 9 Desember 2011 perihal Penerapan Strategi Anti Fraud bagi Bank Umum yang mewajibkan pihak Bank untuk memiliki dan menerapkan Strategi Anti Fraud yang disesuaikan dengan lingkungan internal dan eksternal, kompleksitas kegiatan usaha, jenis, dan risiko fraud serta didukung oleh sumer daya yang memadai.

Know Your Employee (KYE) sebagai bagian dari Pencegahan Fraud dan merupakan kebijakan strategis Bank yang harus mendapatkan awareness dari seluruh jajaran manajemen perbankan karena memiliki peran strategis dalam manajemen SDM secara keseluruhan dari proses perencanaan, pengembangan, dan pemeliharaan SDM.

Implementasi strategi akan terwujud jika didukung oleh kualitas SDM yang handal dan memiliki integritas yang tinggi. Untuk meningkatkan kualitas SDM diperlukan KYE sebagai upaya untuk memahami lebih detail mengenai profil pegawai dari proses rekrutmen sampai dengan pengakhiran masa menjadi pegawai.

 

MANFAAT YANG AKAN DIPEROLEH :

  1. Memahami konsep anti fraud awareness.
  2. Memahami dan mampu melakukan identifikasi kerawanan
  3. Memahami konsep know your employee dan employee assistant program
  4. Memahami cara melakukan monitoring hasil tingkat kesehatan Bank

 

MATERI YANG AKAN DIBAHAS :

  1. Anti fraud awareness.
  2. Identifikasi kerawanan.
  3. Know your employee
  4. Employee assistant program
  5. Policy compliance
  6. Monitoring hasil tingkat kesehatan Bank

 

SIAPA SAJA YANG PERLU IKUT ?

  1. Pimpinan dan staf SDM
  2. Pimpinan dan staf bagian training.
  3. Pimpinan dan staf yang bertanggung jawab menentukan pelatihan yang tepat bagi pegawainya.
  4. Konsultan manajemen
  5. Pemerhati/peminat lainnya

 

Share:

Produk

Kontak Kami

PT. SOLMIT BANGUN INDONESIA
Komplek Surapati Core J-2 Jl. PHH Mustofa No.39, Bandung
info@solmit.com
(+6222) 723 7667
(+6222) 8724 1411