Project Risk Management

    Dibaca 191 kali risk management

PENDAHULUAN

Pengembangan sistem dan aplikasi teknologi informasi, pembangunan gedung kantor, pengembangan sistem dan jaringan distribusi, pengadaan dan penggantian peralatan mesin adalah merupakan bagian dari proyek-proyek investasi dengan dana yang biasanya sangat besar. Revenue dan penghematan biaya yang diharapkan dapat dihasilkan dari proyek, tidak akan terealisasi jika terjadi kegagalan dalam proyek, bahkan cenderung akan mengakibatkan dampak negatif yang sangat besar bagi perusahaan.

Semua proyek selalu memiliki risiko. Oleh karena itu, manajer proyek yang sukses akan menjadi orang yang mengelola risiko secara efektif dalam setiap tahapan pelaksanaan proyek, mulai dari tahap perencanaan, pengerjaan, pengawasan dan serah terima proyek sampai kepada pemanfaatan proyek tersebut dalam kegiatan operasional perusahan.Ancaman harus diminimalkan, peluang dimaksimalkan, dan tetap menjaga fokus yang jelas pada pencapaian tujuan.

 

MANFAAT YANG AKAN DIPEROLEH :

  1. Mampu mengenali risiko dalam proyek Anda, membedakan risiko dari penyebab dan efeknya, dan mengekspos ancaman maupun peluang.
  2. Mampu melakukan pendekatan proaktif untuk mengidentifikasi dan menilai eksposur risiko, mengatasi ancaman maupun peluang.
  3. Mampu menerapkan teknik yang teruji untuk memprioritaskan risiko, memungkinkan Anda untuk menentukan daerah-daerah yang membutuhkan perhatian khusus.
  4. Mampu mengembangkan response strategy yang tepat untuk risiko yang telah diidentifikasi.
  5. Mengetahui bagaimana memastikan manajemen yang efektif dari ketidakpastian dan memaksimalkan kemungkinan mencapai tujuan proyek.
  6. Mengenali psikologi risiko yang mengungkapkan sumber bias dan memungkinkan hal ini bisa dikenali dan dihadapi.

 

MATERI YANG AKAN DIBAHAS :

  1. Pengenalan
  2. Overview of Project Management
  3. Overview of Risk Management
  4. Risk Management Planning
  5. Risk Identification
  6. Qualitative Risk Analysis
  7. Risk Response Planning
  8. Risk Monitoring & Control
  9. Behavioural aspects
  10. Benefits of Risk Management & Implementation

 

SIAPA SAJA YANG PERLU IKUT ?

  1. Pimpinan dan Staf Divisi TI
  2. Pimpinan dan Staf Divisi Umum
  3. Pimpinan dan Staf Divisi Manajemen Risiko
  4. Pimpinan dan Staf Divisi Audit Intern
  5. Pimpinan dan Staf Divisi Perencanaan & Pengembangan

 

Share: