Pengembangan Aplikas Performance Education System

    Dibaca 227 kali

Bandung - Sejak beberapa bulan yang lalu telah dibangun saling pengertian, saling pemahaman dan mengerucut pada Perjanjian Kerjasama yang ditanda tangani tanggal 18 Maret 2014 oleh H. Mulyadi. S.Sos. I. M.Pd selaku Kepala SMK Daarut Tauhiid Boarding School (SMK DTBS) dan Dr. Abdurrahman, MT selaku Direktur Utama PT Solmit Bangun Indonesia (SOLMIT).

Sebagai langkah tindak lanjut dari perjanjian tersebut diatas, pada tanggal 23 April 2014 dilakukan pertemuan yang membahas langkah-langkah kerjasama dimaksud dengan menyusun Program Kerja dan Implementasi Perjanjian Kerjasama tersebut.

H. Mulyadi S.Sos. I. Mpd memaparkan VisiMenjadikan SMK Daarut Tauhid Boarding School sebagai Pusat keunggulan di Bidang Teknologi Informasi yang berlandaskan Tauhid” dan Misi “Mencetak Insan yang cerdas dan kompetitif di bidang Tehnologi Informasi yang dilandasi nilai-nilai Akhlak dan Tauhiid dengan indicator keunggulan Ma’rifatullah, Teknik Komputer dan Jaringan, Leadership, Entrepreneurship, Lingkungan Hidup, Etika/Akhlak, Olah Raga dan Seni”.

Program studi yang dimiliki oleh SMK DTBS antara lain Bidang Studi Keahlian Teknologi Informasi dan Komunikasi, Program Studi Keahlian Tekni Komputer dan Informatika, Kompetensi Keahlian Teknik Komputer dan Jaringan, demikian disampaikan oleh H. Mulyadi S.Sos. I. Mpd.

Pada kesempatan yang sama Dr. Abdurrahman, MT, menyampaikan perubahan paradigma bidang pendidikan dari konvensional menjadi industry pendidikan, dimana penggunaan parameter manajemen, pengukuran kinerja, penggunaan perangkat hardware dan software.

Analisa dan pengamatan dari model manajemen kinerja lembaga pendidikan dan manajemen mutu pendidikan yang dilakukan oleh Singapura dan Malaysia bahkan beberapa Negara eropa, disampaikan oleh Dr. Abdurrahman, MT telah menggunakan Key Performance Indicator (KPI)  terutama dalam Visi Pendidikan Malaysia 2020, selain disampaikan Performa Education Management memaksimalkan Process, People dan Technology, Perumusan Manajemen Kinerja menggunakan Manajemen Kinerja Ekselen berbasis Malcolm Baldrige dan Perumusan KPI berbasis Balance Scorecard, sehingga Arsitektur Aplikasi pembangunan Aplikai Performance Education Information System akan dibangun untuk SMK Daarud Tauhiid di Bandung.

Dr. Abdurrahman, MT menyampaikan Arsitektur Performance Education Information System membagi domain Intranet Networking (Sistem Informasi Akademik, Sistem Informasi Keuangan, dan Knowledge Management System) dan domain Internet Networking (Open Education Community)

Pada kesempatan ini Deni Sukanda menaggapi pemaparan Dr. Abdurrahman MT, bahwa Aplikasi yang dibangun sangat membantu SMK DT kebutuhan sistem informasi yang terintegrasi secara terpadu, dan dengan Internet Network manfaat bagi Orang Tua peserta didik dapat melakukan komunikasi dan konsultasi secara langsung dengan SMK DTBS terkait dengan perkembangan selama kegiatan belajar mengajar, dan juga dapat terbangun jaringan komunikasi Orang Tua peserta didik.

H. Mulyadi S.Sos. I. Mpd berharap kerjasama ini menjadi pilot poject dalam membangun formulasi Sistem Manajemen SMK DTBS, dan dapat direalisasikan dalam tahun ini, sehingga diharapkan dengan manfaatnya dapat tersebar pada Sekolah-Sekolah lainnya.

Pertemuan ini dihadiri juga dari SMK Daarut Tauhiid Boarding School antara lain Deni Sukanda (Kakomli), Darwan (Waka Sarana), Bagja (Waka Hubin). Dan dari SOLMIT turut menghadiri pertemuan tersebut antara lain Rizky Bonito (Develover), Heru Purwanto (Human Capital Management). Pada pertemuan tersebut ditutup dengan pembentukan tim kerja untuk pilot project ini dengan melibatkan kedua belah pihak terkait.

Pada kesempatan lain Dr Abdurrahman, MT menyampaikan bahwa bentuk kerjasama ini merupakan wujud kepedulian SOLMIT dalam ikut serta memajukan kualitas pendidikan di Indonesia guna mencetak generasi mandiri yang memiliki jiwa entrepreneur, unggul dalam kompetensi dan kompetisi sesuai dengan Misi SOLMIT.

Dalam tataran implementasi SOLMIT mengembangkan Performa Education Management baik dari sisi manajemen tata kelola institusi pendidikan, manajemen mutu pendidikan, pengembangan kompetensi tenaga pendidik, dan dukungan TI untuk bidang pendidikan. (by HP-HCM).

Share:

Produk

Kontak Kami

PT. SOLMIT BANGUN INDONESIA
Komplek Surapati Core J-2 Jl. PHH Mustofa No.39, Bandung
info@solmit.com
(+6222) 723 7667
(+6222) 8724 1411