Review & Penyesuaian Aplikasi TKB Bank Maluku

    Dibaca 215 kali

 

 

Bandung – Pada tanggal 25 & 26 Maret 2014 bertempat di Ruang Rapat PT. SOLMIT BANGUN INDONESIA yang beralamat di Comp. Surapati Core J-2 Bandung telah dilaksanakan agenda kegiatan dengan tema “Review & Penyesuaian Aplikasi TKB Bank Maluku". Kegiatan ini disambut baik oleh Tim TKB SOLMIT, bahkan Bapak Dr. Abdurrahman, MT selaku Direktur Utama PT. SOLMIT BANGUN INDONESIA turut hadir dan mengikuti seluruh kegiatan.

 

Kegiatan tersebut menghasilkan beberapa butir penting terkait penggunaan aplikasi TKB di Bank Maluku, diataranya:

  1. Untuk mendukung efektifitas pengelolaan TKB Bank Maluku dan dalam hal mengakomodir hasil assessment regulator, maka Bank Maluku dan SOLMIT telah mendiskusikan dan menyepakati penyempurnaan Aplikasi TKB antara lain adalah dengan melakukan penambahan modul/fitur sebagai berikut:
    1. Pelaporan disediakan dalam format PDF dan MS. Word
    2. Dukungan tren data historis untuk parameter kuantitatif di faktor inherent risk profil risiko yang bersifat kuantitatif,  rentabilitas dan permodalan
    3. Modul SREP untuk menampung hasil SREP semua faktor dan konsolidasi, termasuk hasil SREP profil risiko yang akan berpengaruh terhadap penghitungan KPMM
  2. Dari penyempurnaan modul-modul aplikasi TKB, menghasilkan kesimpulan bahwa perlu dilakukan penyempurnaan Aplikasi ICAAP, dimana jika ada data SREP profil risiko maka yang akan dijadikan referensi penentuan KPMM adalah hasil SREP regulator.

Pada kesempatan tersebut didiskusikan juga mengenai rencana implementasi Loss Event Database (LED) dan MIS Manajemen Risiko di Bank Maluku.

Pengelolaan LED merupakan proses untuk melakukan identifikasi dan monitoring risiko operasional yang dapat dioperasikan oleh seluruh risk taking unit Bank Maluku. Dengan proses ini, maka Bank Maluku dapat melakukan identifikasi risiko operasional sejak dini dan melakukan antisipasi sebelum risiko tersebut muncul. Implementasi LED merupakan salah satu metode untuk meningkatkan efektifitas proses manajemen risiko sebagai bagian dari GCG Bank Maluku.

Dan untuk mendukung terlaksanya Risk Based Governance (RBG) maka diperlukan MIS Manajemen Risiko sebagai Dashboard Manajemen Risiko bagi Dewan Direksi, Dewan Komisaris, Komite Manajemen Risiko, Komite Pemantau Risiko, Divisi Manajemen Risiko, SKAI, dan divisi terkait lainnya. Dengan adanya dashboard MIS ini maka akan terjalin pengendalian risiko bagi seluruh pemangku kepentingan Bank. Aplikasi ini juga mendukung efektifitas proses manajemen risiko sebagai bagian dari GCG Bank Maluku. 

 

Share:

Produk

Kontak Kami

PT. SOLMIT BANGUN INDONESIA
Komplek Surapati Core J-2 Jl. PHH Mustofa No.39, Bandung
info@solmit.com
(+6222) 723 7667
(+6222) 8724 1411